Terimakasih telah berkunjung ke Blog desa Sukamulya, Informasi seputar Desa

Senin, 22 Agustus 2011

Tip Aman Untuk Pemudik

Perlu diperhatikan sebelum berangkat mudik dimana ada beberapa tips aman, informasinya kami temukan dari tulisan situs pos kotaAda banyak kejahatan di jalan, baik pengendara umum maupun mobil pribadi. Kejahatan yang semakin canggih membuat Anda wajib waspada. Penjahat terus menerus menyempurnakan modusnya, sehingga Anda tak boleh mengabaikannya.

Berikut tips dapat diikuti calon pemudik agar terhindar dari praktek kejahatan seperti halnya pembiusan atau hipnotis.
SEBELUM BERANGKAT
1. Beritahukan tetangga sekitar bahwa akan pulang kampung, beritahu kapan Anda berangkat dan kapan kembali.
2. Jangan lupa lapor kepada ketua RT maupun hansip/satpam kompleks.
3. Tinggalkan nomor Hp dan nomor yang mudah dihubungi di kampung halaman agar sewaktu-waktu terjadi musibah, seperti kebakaran dan kemalingan, mudah dihubungi.
4. Copot sambungan gas, matikan sambungan listrik di dalam rumah, tapi tetap nyalakan lampu di luar, di halaman atau taman. Penjahat mengincar rumah yang gelap.
5. Bila Anda menggunakan kendaraan pribadi, jangan lupakan kesiapan kendaraan. Cek ke bengkel, ganti oli, dan pastikan bahan bakar terisi cukup. Demikian pula surat-suratnya.
DALAM PERJALANAN
6. Jangan mudik seorang diri. Para pelaku kejahatan mengincar korban yang sedang sendirian di dalam kendaraan. Baik pribadi maupun kendaraan umum.
7. Waspadai orang yang baru dikenal  dan menunjukan sikap mudah akrab. Jika diajak ngobrol, bicaralah sekedarnya untuk menghormati.
8. Jangan menerima pemberian dalam bentuk apa pun dari orang yang tidak dikenal. Siapkan makanan dan minuman Anda sendiri dan perlihatkan kepada kawan baru bahwa Anda sudah punya bekal. Hindari tukar menukar makanan atau minuman.
9 Bila menemui gerak-gerik orang yang mencurigakan, segera menghindar dan menjauh dengan berpura-pura membeli tisu, obat flu, dsb.
10 Jika tidak bisa lagi untuk menghindar, segera berikan isyarat bahwa anda memiliki saudara polisi, tentara atau bila perlu paranormal yang bisa melacak keberadaan seseorang. Sehingga pelaku pun akan berpikir dua kali untuk melakukan kejahatan.
11 Jangan pamer, memperlihatkan handphone baru atau gadget lain yang terkesan mahal. Apalagi perhiasan yang mencolok. Karena Anda sedang memancing orang lain untuk berbuat jahat.
12. Siapkan uang tunai hanya untuk keperluan selama perjalanan. Lebih afdol jika uang yang untuk di kampung, tetap di dalam ATM.
13. Jika harus membawa uang tunai dalam jumlah besar masukan dalam dompet dan tas yang selalu menempel di badan dan di bagian dalam tas yang sulit diraih/dirogoh maupun disilet penjahat.
KENDARAAN
1. Sebelum berangkat, periksa mesin, perlengkapan kendaraan anda terlebih dahulu.
2. Cari informasi mengenai rute yang akan dilalui, melalui peta, informasi radio, berita atau dari petugas.
3. Selalu perhatian persediaan BBM, apabila akan menempuh perjalanan jauh.
4. Pastikan bahwa anda dalam kondisi sehat dan prima, apabila mengemudikan kendaraan bermotor.
5. Jika menggunakan angkutan umum, carilah angkutan umum yang nyaman dan aman.
6. Apabila melalui rute yang rawan, tetaplah waspada dan upayakan konvoi dengan sesama pengendara lain.
DOA
Apapaun kegiatan anda, termausk sedang musyafir (perjalanan), jangan lupa berdoa dan selalu istiqghfar, dengan mengharap Ridho Allah SWT, sehingga perjalanan anda mendapat perlindungan Allah SWT. Tiba di tempat tujuan dengan selamat.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Ditunggu partisipasinya

Headline Editorial