Terimakasih telah berkunjung ke Blog desa Sukamulya, Informasi seputar Desa

Kamis, 25 Agustus 2011

Tanaman Obat Tradisional

Adalah tanaman Adas yang tumbuh secara liar. Dibeberapa tempat, adas dibudidaya untuk diambil khasiatnya, yaitu mengandung khasiat obat. Adas dapat tumbuh pada ketinggian 900 - 1300 meter dari permukaan laut. Adas dimana batangnya teratur dan tumbuh tegak. daun menyirip dan berselubung dengan warna putih.


Nama Daerah Adas antara lain : hades, adase, fenkel, denggu-denggu, papato dan lainnya. Bagian tanaman yang digunakan dan berkhasiat adalah buahnya. Penyakit yang dapat diobatinya anatara lain : Sembelit, batuk dan sakit perut.
Adalah Alang-alang yang tumbuh di tanah kering yang banyak terkena sinar matahari. Jika tumbuhan ini menutupi tanah yang luas, maka orang-orang menyebutnya dengan padang alang-alang. Alang-alang adalah sejenis rumput yang memiliki rimpang dan menjalar dipermukaan tanah. Tingginya antara 30 - 180 cm.
Bagian tanaman yang berkhasiat obat adalah akarnya. Akar alang-alang berkhasiat untuk melancarkan air seni, kencing batu, hipertensi akibat sakit ginjal, radang paru-paru, asma, mimisan, hepatitis, prostat, diare dan keputihan.
Tanaman asam jawa ini tumbuh dengan baik didaerah tropis. Buah tanaman ini berbentuk polong, batang pohon ini cukup keras dapat tumbuh besar dan rindang. Pohon ini juga dapat dijadikan pohon peneduh untuk penghijauan di pinggir-pinggir jalan.
Buah asam ini mengandung senyawa kimia asam appel, asam sitrat, asam tartrat, asam malat dan berbagai vitamin terutama vitamin C. Bagian tanaman yang berkhasiat obat adalah buahnya. Penyakit yang dapat diobatinya anatara lain : asam, batuk kering, demam, bisul dan sariawan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Ditunggu partisipasinya

Headline Editorial