Terimakasih telah berkunjung ke Blog desa Sukamulya, Informasi seputar Desa

Rabu, 24 Agustus 2011

Liburan Lebaran Palabuhanratu Diserbu Wisatawan

Dinas Kepariwisataan, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olah Raga (Disparbudpora) Kab. Sukabumi, memprediksi jumlah pengunjung yang datang ke objek wisata Pantai Palabuhanratu dan Cisolok pada libur Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1432 H nanti, akan meningkat dibanding tahun sebelumnya. Demikian ditulis oleh pikiran rakyat

Peningkatan itu dipicu objek wisata Pantai Palabuhanratu dan Cisolok masih menjadi primadona pariwisata di Kab. Sukabumi yang memiliki daya tarik bagi wisatawan, khususnya pengunjung lokal. Ditambah lagi, semakin baiknnya penataan objek pariwisata dan infrastruktur jalan.
“Oleh karena itu, jumlah pengunjung di Pantai Palabuhanratu dan Cisolok pada libur Lebaran nanti dipastikan akan membludak. Bahkan jumlah pengunjungnya diprediksi akan naik dibanding tahun lalu,” kata Kadisparbudpora Kab. Sukabumi, Drs. Harry Mukharam Hasan, M.M., ketika ditemui di kantornya di Palabuhanratu, Kamis (18/8).
Ia menyebutkan, prediksi lonjakan jumlah pengunjung pada libur Lebaran nanti, terlihat dari tahun lalu mencapai sebanyak 2,3 juta orang, tahun ini diperkirakan meningkat menjadi sekitar 2,5 juta orang.
Selain pengaruh objek wisata pantai menjadi primadona pengunjung, juga kawasan pariwisatanya kini sudah tertata dengan baik. Contohnya, di kawasan Pantai Palabuhanratu dan Karanghawu Cisolok, kini sudah dibangun joggingtrack, trotoar, parkir kendaraan, taman dan fasilitas umum.
“Ditambah lagi, kondisi jalan dari mulai Desa Cikadu hingga ke Kelurahan Palabuhanratu, sekarang sudah bagus dengan pengaspalan hotmix. Terlebih jalan yang sudah diaspal itu, akses masuk ke kawasan objek wisata,” kata Harry.
Menurutnya, bagi dunia pariwisata pembangunan di kawasan objek wisata, berpengaruh besar terhadap kunjungan wisata. “Dengan penataan ini, pengunjung bisa lebih nyaman lagi saat berekreasi.” Katanya.
Prediksi kenaikan jumlah pengunjung itu, lanjut dia, perlu didukung dengan meningkatnya kesadaran masyarakat pelaku pariwisatanya.
Misalnya, para pedagangnya harus ramah dan jujur, menerapkan harga yang wajar dan menghindari praktik pungutan liar di kawasan objek wisata.
“Kalau kesadaran masyarakat tumbuh, saya yakin pengunjungnya akan betah. Mereka akan berlama-lama berwisata di Pantai Palabuhanratu dan Cisolok ini,” ucapnya.
Ditambahkannya penempatan tolgate (penarikan tiket pengunjung) selama libur Lebaran akan dipindahkan ke area yang lebih luas pada hari H Lebaran, Selasa (30/8) mendatang.
Dari asalnya di Jln. Kidang Kencana akan dipindahkan ke Jln. Ahmad Yani yang memiliki dua jalur jalan yang luas. Penempatan tolgate di Jln. Ahmad Yani itu, tak lain supaya kendaraan pengunjung semuanya bisa terjaring di pintu tolgate, tanpa menimbulkan kemacetan kendaraan.
“Berapa lama tolgate ditempatkan di sana, tergantung perkembangannya. Kalau pengunjungnya ramai, bisa sampai seminggu lebih,” katanya.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Ditunggu partisipasinya

Headline Editorial