Terimakasih telah berkunjung ke Blog desa Sukamulya, Informasi seputar Desa

Minggu, 28 Agustus 2011

Pasar Ramadhan

Sudah menjadi adat lagi ketika tiba bulan Ramadhan maka yang namanya pasar Ramadhan pun di buka, ini terjadi di kota Sukabumi tepatnya di jalan palabuan II dimana jalan ditutup oleh tenda-tenda pasar, ini sering berlangsung satu tahun sekali.
Ketika beberapa hari ini kami jalan-jalan menyusuri kota Sukabumi di siang, sore sampai malam, mmmm sungguh sangat mencengangkan, ketika masuk jalan raya antara Cibaraja - Cisaat sudah macet, ini bukan saja terjadi pada bulan Ramadhan akan tetapi diluar Ramadhan pun kemacetan sering terjadi. Namun pada bulan Ramadhan ini kecetan didominasi oleh kendaraan roda dua yang akan ngebuburit (orang sunda bilang-red), setelah sampai didaerah Cisaat apalagi pada jam 16 - menjelang buka akan terlihat orang-orang dari mulai anak kecil sampai orang dewasa yang ngebuburit, di depan Masjid Agung Cisaat disediakan berbagai jajanan untuk buka juga disediakan permainan untuk anak-anak.
Kebayang dalam pikiran kalau saja di Cisaat sudah begitu banyak manusia apalagi di kota Sukabumi, kami mencoba menelusuri daerah sukabumi, buka tutup jalan tepatnya di daerah degung pada siang hari antara jam 12 sampai dengan sore buka tutup jalan diberlakukan untuk mengantisipasi kemacetan yang sering terjadi pada bulan Ramadhan, apalagi mendekati hari raya iedul fitri. Apabila kita melewati jalan yang melalui Yogya departemen store maka hati-hatilah karena kemacetan sering terjadi, kemacetan kebanyakan oleh kendaraan angkutan kota. Karena sekarang ini jalur tengah hanya bisa digunakan satu arah maka bersiaplah untuk bersabar, ini disebabkan oleh kemacetan pejalan kaki dan kendaran yang didominasi oleh kendaraan roda dua. Apalagi seputar Mall atau dari lampu pertama (dari arah sukaraja) sampai daerah degung arus lalu lintas bergerak lambat.
Nah itu sobat sekelumit tentang jalan-jalan sore pada bulan Ramadhan dalam rangka ngebuburit.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Ditunggu partisipasinya

Headline Editorial