Terimakasih telah berkunjung ke Blog desa Sukamulya, Informasi seputar Desa

Selasa, 16 Agustus 2011

Pengungkapan Rahasia Hati Ahli Makrifat


Rahasia hati ahli makrifat berkisar atas tiga pokok, yaitu : Takut, Harap dan Cinta. Takut itu cabang dari ilmu, Harap itu cabang dari yakin dan Cinta itu cabang dari makrifat. Tanda rasa takut itu lari, tanda harap itu mencari, dan tanda cinta itu adalah mengutamakan yang dicintainya diatas segalanya.
Apabila ilmu seseorang telah terbukti kebenarannya maka dia akan takut. Jika benar rasa takutnya, dia akan berlari. Dan jika dia lari dia selamat.

Apabila telah terbit sinar yakin di dalam kalbu seseorang, dia akan menyaksikan keutamaan. Jika dia telah mampu menatap keutamaan maka dia berharap. Jika cita rasa manisnya harapan menemukan iman maka dia mencari. Jika dia diberi taufil untuk mencari maka dia pasti menemukannya. Apabila sinar makrifat telah terang di dalam hati, berhembuslah angin cinta. Jika angin cinta telah berhembus dan berada di dalam bayangan Kekasihnya, maka dia akan mengutamakan Kekasihnya di atas selain-Nya, dia akan laksanakan segala perintah-Nya dan akan menjauhi segala maksiat pada-Nya serta segala larangan-Nya, dan memilih-Nya dari segala yang lain. Jika dia beristiqamah bersanding dengan Kekasihnya dengan melaksanakan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya berarti dia telah sampai kepada ruh munajat dan kedekatan.
Perumpamaan ketiga pangkal itu, yaitu tanah suci, masjid dan ka’bah. Orang yang telah memasuki wilayah tanah suci, dia akan merasa aman dari kejahatan seluruh makhluk. Orang yang masuk masjid akan aman seluruh anggota badannya dari melakukan kemaksiatan. Orang yang memasuki Ka’bah, hatinya aman dari kesibukan mengingat selain Allah.
Perhatikanlah, wahai orang yang beriman ! jika kamu berada pada satu keadaan, saat itu kamu merasa senang menemui kematian maka bersyukurlah kepada Allah atas taufik-Nya dan penjagaan-Nya. Namun, jika keadaan itu sebaliknya, menjauhi dari situ dengan ketetapan hati yang benar, sesalilah kelalaian dari usiamu yang telah lewat, mintalah bantuan kepada Allah untuk mensucikan yang lahir dari dosa-dosa dan membersihkan yang batin dari segala cela, putuskanlah ikatan kelalaian dari dalam hatimu dan padamkanlah api syahwat dari jiwamu.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Ditunggu partisipasinya

Headline Editorial