Terimakasih telah berkunjung ke Blog desa Sukamulya, Informasi seputar Desa

Senin, 28 November 2011

Mematikan atau Mengurangi System Restore untuk Menyimpan Space di Hard-drive

Sobat kali ini kami ingin berbagi seputar permasalahan PC, pada Windows XP mempunyai [Utility System Restore] yang mampu mengubah setingan menjadi bentuk standar (setingan yang sesuai), membuang semua sistem yang telah diganti, dan mengembalikannya ke bentuk semula (default). Hal semacam ini juga berguna mengatasi virus yang menyerang PC atau terdapat kerusakan software (file corrupt) yang menyebabkan aplikasi tidak bisa dijalankan sehingga membuat hard-disk dipenuhi dengan file program yang tidak bisa dijalankan.
Pada kondisi default, [system restore] menempati 12% dari setiap logical drive-nya. Sobat bisa mengurangi jumlah ruang (space) [system restore] dengan mengatur utilitinya atau mematikan fitur tersebut. Langkah-langkah pengaturannya sebagai berikut :
1. Klik Kanan [My Computer], kemudian pilih [Properties].
2. Pilih tabs [System Restore].
3. Disable [System Restore] dengan memberikan check list (centang) pada kotak [turn off system restore on all drives]. Atau dengan menggunakan cara lain, yaitu menyoroti drive yang diinginkan, kemudian klik [Settings]. Dengan menggunakan slider, Sobat dapat mengatur seberapa banyak space di drive [System Restore] yang akan digunakan untuk restore point. Pengurangan beberapa limit angka dari fleksibilitas [System Restore] dapat mengurangi sampai 5% (bahkan lebih) dari total kapasitas hard-disk.
4. Klik [OK] untuk menyimpan perubahan pengaturan.
5. Restart komputer sobat.

2. Mengubah Virtual Memory
Penempatan halaman file [Page File] Halaman file adalah satu atau banyak area dari sebuah harddisk yang telah dipatok oleh Windows XP sebagai [Virtual Memory]. Untuk Memasukkannya sangat sederhana. Logikanya, seperti memesan sebuah area untuk digunakan mengisi data pada main memory.[Virtual Memory] dapat diakses dengan Windows, seperti Physical Memory, tetapi itu masih terlalu lambat. Keduanya (virtual dan physical memory) lebih lambat dibandingkan dengan kecepatan RAM (Random Access Memory). Sebenarnya, Windows XP menggunakan halaman file secara berkelanjutan dengan mengabaikan jumlah free memory di system sobat. Dengan kata lain, ketika sobat mengoptimalkan file
ini, akan memberikan efek positif pada performa (kecepatan) komputer.
Langkah-langkah mengoptimalkan page file [Virtual Memory] sebagai berikut :
1. Klik kanan [My Computer], kemudian pilih [Properties].
2. Pilih tabs [Advance], klik [Setting] pada bagian [Performance].
3. Pada opsional [Performance Options], pilih tabs [Advanced]. Kemudian, klik [Change] pada bagian [Virtual Memory].
4. Selanjutnya, Anda bisa memilih dan mengatur ukuran (size) [Page File] pada drive sesuai dengan keinginan.
5. Restart komputer.

Ukuran (size) [Page File]
Ukuran standar (default) page file (virtual memory) diatur dengan memperhatikan starting size dan maximum size. Untuk mengubah size page file sebagai system demand dalam rentang nilai tersebut masih diperbolehkan oleh Windows. Langkah mengubah ukuran [virtual memory] sebagai berikut.
1. Pilih dan centangi [Custom Size]. [Inisial Size] diatur dan disesuaikan dengan nilai yang direkomendasikan, [Recomended] yang dijumlahkan dengan angka yang sama.
2. Pada [Maximum Size], nilai yang dimasukkan sesuai dengan keinginan sobat. Jika ingin memakai default-nya, sobat tidak perlu mengubahnya.
3. Jika Anda ingin mengatur sendiri [Maximum Size], masukkan nilai yang lebih kecil dari nilai [Space Available].
4. Atau nilai [Maximum Size] yang sobat masukkan adalah maksimal tiga kali lipat dari ukuran RAM komputer. Apabila nilai [Maximum Size] lebih besar dari nilai RAM, akan menyebabkan berkurangnya kinerja (performa) komputer karena memaksa RAM bekerja lebih ekstra. Apabila kondisi tersebut tidak segera ditangani, RAM akan cepat panas atau kejadian yang paling fatal adalah RAM terbakar.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Ditunggu partisipasinya

Headline Editorial