Follow Us

Kamis, 29 September 2011

Merawat Media Penyimpan Data

Seperti telah diketahui bahwa media penyimpanan data ada dua macam, yaitu :

1. Internal Storage
Internal Storage (Media Penyimpanan Utama) yang termasuk kelompok ini ialah RAM dan ROM.
 
a. RAM (Random Access Memory)RAM yaitu memory baca tulis yang dapat menyimpan data untuk sementara dan kemudian membacanya kembali. Data yang tersimpan pada RAM sifatnya tidak permanen artinya data tersimpan saat ada arus listrik atau komputer dalam keadaan aktif. Jika Tidak ada arus atau komputer dalam keadaan mati datapun hilang atau tidak tersimpan lagi.

b. ROM (Read Only Memory)
ROM yaitu memory baca saja dari komputer, artinya data yang tersimpan dalam ROM hanya bisa dibaca saja, ROM itu berisi data atau program-program dasar dari pabriknya, ROM ini berfungsi untuk mengatur proses dasar dari masukan dan keluaran data.

Cara merawat media penyimpan Internal Storage antara lain adalah : Periksa pemasangan RAM/ROM apakah sudah terletak pada slot atau tempatnya dengan posisi yang benar.
Dengan cara mengatur BIOS agar menghindari melakukan booting komputer secara langsung dari disket.

2. External Storage (Media Penyimpan Cadangan)
Media yang termasuk kelompok ini adalah : Hardisk, Flopy disk, Optical disk dan Flashdisk. Adapun cara merawat media penyimpan External Storage adalah :

a. Untuk Flopy disk atau disket (Magnetik Disk) <mungkin untuk sekarang tidak digunakan> yaitu : hindari dari terkena debu dan simpan pada box disket. Sebaiknya selalu dalam keadaan terprotek, hal ini untuk menghindari terkena virus komputer.

b. Untuk piringan CD/DVD (Optical disk) yaitu : Hindarkan permukaannya dari debu, selalu menempatkan nya pada Box CD jika sedang tidak dipakai. Untuk jangka waktu tertentu bersihkan optik pada CD ROM/CD RW/DVD ROM/DVD RW dengan CD Cleaner.

c. Untuk Flash disk jangan lupa untuk selalu menutup penghubung USB-nya.
Semoga tips ini bermanfaat bagi sobat semua.

Semoga bermanfaat

1 komentar:

  1. Thank info'y, sangat2 berguna ... sukses sll u/desa sukamulya

    BalasHapus

Ditunggu partisipasinya