Follow Us

Selasa, 12 Juli 2011

Antara Keluarga dan Pemerintahan


Artikel berikut ini ingin saya coba mengangkat kisah klasik di Desa Sukamulya, dimana kepemerintahan Desa Sukamulya dari Kepala Desa yang baru merupakan satu kedekatan ( sudara kandung) dengan Sekretaris Desa Sukamulya.
Namun demikian dari buku hariannya Sekretaris Desa saya menemukan tulisan Antara Keluarga dan Pemerintahan.

Tulisan sekdes tersebut membeberkan bagaimana hubungan dikeluarga dan hubungan dipemerintahan?
Keluarga :
Adalah benar bahwa Kepala Desa Sukamulya adalah saudara kandung (kakak) dari saya, akan tetapi bila saya sedang berada di tempat kerja maka keluarga saya kesampingkan, karena bila system keluarga saya bawa ke pemerintahan maka tunggulah kehancuran dari pemerintahan tersebut, saya menghormati kakak karena beliau adalah sudara sekandung yang usianya ada diatas saya dan saya menerima nasehat-nasehat yang baik dari kakak saya. Meski keluarga adalah sandaran dari segalanya tetapi saya kurang setuju apabila system keluarga dibawa ke system pemerintahan.
Pemerintah :
Adalah sebuah organisasi yang memiliki orang-orang yang terlatih dalam bidangnya, saya dipercaya oleh masyarakat sebagai sekdes mulai pertengahan tahun 2005 (juli), saya mencoba beradaptasi menurut hokum dan undang-undang kepemerintahan dan saya tidak pernah membawa beban kepemerintahan di system keluarga karena bila saya menggabungkan system keluarga dan system pemerintahan maka di pemerintah tidak akan beres dan dikeluarga akanhancur.
Sekitar tahun 2007 adalah seorang pimpinan yang baru dan adalah orang yang terdekat bahkan saudara kandung di system keluarga, akhirnya saya dan Kepala Desa bertolak belakang, karena kepala desa tidak menganggap saya sebagai sekdes dan hanya menganggap saya sebagai adik maka aturanpun jauh berbeda seperti aturan keluarga.
Dan dari situlah mulai kemunduran Desa Sukamulya karena salah aturan seorang kepala desa hingga sampai saat ini Desa Sukamulya semakin turun pamornya disbanding desa-desa lain, bahkan yang paling ironis Desa Pasirdatar Indah yang merupakan pecahan dari Desa Sukamulya adalah sebuah desa yang sungguh maju pesat dibanding dengan sukamulya.

0 comments:

Posting Komentar

Ditunggu partisipasinya