Terimakasih telah berkunjung ke Blog desa Sukamulya, Informasi seputar Desa

Minggu, 16 Oktober 2011

Mengenal E-mail (Surat Elektronik) Bagian Dua

Pada artikel sebelumnya perihal mengenal e-mail (baca disini) dan kami akan mencoba kembali mengulas seputar mengenal e-mail.
Untuk bisa menerima e-mail kita mesti memiliki sebuah account pada suatu e-mail server, yang tentu berada pada sebuah ISP (Internet Service Provider). Ini sama dengan bila kita memiliki alamat rumah kita, hanya bedanya bila pada surat biasa kita hanya bisa menerima surat manakala kita berada di alamat kita, sedangkan pada e-mail, kita bisa menerimanya dimana saja kita berada.
Hal itu bisa dilakukan karena bila kita bisa mengkontak sebuah e-mail server di mana kita punya account e-mail, maka kita bisa mengambil / mendowload semua e-mail yang ditujukan kepada alamat e-mail yang kita miliki.
Untuk itu kita mesti memperhatikan protokol penerima dan pengirim e-mail. Protokol di sini maksudnya adalah sebuah prosedur standard untuk mengatur transmisi data di anatara komputer-komputer untuk pengiriman, protokolnya adalah SMTP (Simple Mail Transfer Protocol), untuk penerimaan protokolnya adalah POP (Post Office Protocol). Setiap e-mail server memiliki SMTP dan POP yang berbeda-beda.

Macam-macam E-mail
1. POP Mail
POP singkatan dari Post Office Protokol. Jalan yang dilalui sebuah e-mail mirip dengan yang dialami oleh sebuah snall mail, yang harus melewati beberapa kantor pos perantara sebelum akhirnya sampai ke tujuan.
Sebuah E-mail akan melewati beberapa komputer yang berperan sebagai router atau e-mail server, sebelum akhirnya tiba pada e-mail server yang ada pada e-mail server yang ada pada ISP dimana alamat e-mail kita terdaftar.
E-mail jenis ini sama dengan e-mail yang kita terima dari ISP (bagi yang connect dari rumah dan kantor). Contohnya apabila kita menggunakan jasa ISP indo.net maka akan mendapatkan satu atau lebih layanan internet.
a. Keuntungan
- Lebih cepat untuk mengirim e-mail sekaligus.
- Dapat menggunakan server e-mail dari ISP (provider) untuk mengirim
- Tidak perlu dikejar waktu untuk membalas e-mail karena dapat mengetik e-mail dengan offline dan baru dikirim.

b. Kerugian
- Harus mendownload e-mail dahulu selama online.
- Diharuskan mensetting pada program e-mail tersendiri seperti Eudora, Netscape e-mail Microsoft Outlook.
- Diharuskan untuk men-setup program e-mail dari dan kemana e-mail tersebut dikirim.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Ditunggu partisipasinya

Headline Editorial