Terimakasih telah berkunjung ke Blog desa Sukamulya, Informasi seputar Desa

Rabu, 10 November 2010

100 Penemu Yang Berpengaruh

Sejarah dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau atau asal-usul (keturunan) silsilah, terutama bagi raja-raja yang memerintah. Adapun ilmu sejarah adalah ilmu yang digunakan untuk mempelajari peristiwa penting masa lalu manusia. Pengetahuan sejarah meliputi pengetahuan akan kejadian-kejadian yang sudah lampau serta pengetahuan akan cara berpikir secara historis. Orang yang mengkhususkan diri mempelajari sejarah atau ahli sejarah disebut sejarawan.
Pada kesempatan kali ini saya ingin sekali berbagi ilmu, perlu diingat artikel ini saya ambil dari banyak sumber. Ada 100 penemu yang paling berpengaruh didunia, dimana diantaranya :
- GEORGIUS AGRICOLA (1494 – 1555) 
Georgius Agricola adalah orang pertama yang melakukan penelitian secara sangat mendalam pada ilmu pertambangan dan batu-batuan. Padahal Ia adalah seorang Dokter, akan tetapi buku-buku yang ditulisnya tentang pertambangan sungguh sangat berpengaruh. Agricola lahir dengan nama Georg Bauer di Glachau, dimana Glachau adalah sebuah kota kecil di perbukitan Erzgebirge Jerman, ketika umat manusia baru mengenal Buku Georgius tumbuh menjadi dewasa, dengan tekun Ia belajar dibeberapa sekolah di Glauchau dan kota-kota yang berdekatan diantaranya, Zwichau dan Magdeburg. 
Dari ayah yang seorang tukang celup dan pedagang barang-barang wol, akhirnya Ia bisa memasuki pintu perguruan tinggi dimana Ia waktu itu berusia 20 tahun, padahal usia yang wajar untuk memasuki gerbang kuliah pada waktu itu adalah antara 12 sampai 15 tahun. Pada tahun 1515 Ia lulus dari Universitas Leipzig dan Ia diangkat sebagai pengajar dasar-dasar bahasa yunani. Ia menggnati namanya dalam bahasa latin (seperti yang dilakukan oleh para cendikiawan dijaman tersebut). Bauer berarti petani dan dalam bahasa latin petani itu adalah Agricola. Ia kembali ke Jerman setelah setelah Ia meneruskan pendidikan di italic, dimana Ia mempelajari karya-karya klasik dibidang kedokteran dan filsafat.
- HOWARD HATHAWAY AIKEN (1900 – 1973)  
HOWARD HATHAWAY AIKEN adalah seorang ahli Matematika berkebangsaan Amerika, selain ahli Matematika Ia juga penemu computer digital lalu computer tersebut Ia beri nama Har vad Mark 1. 
Ia lahir di Hoboken, New Jersey Amerika tepatnya pada tanggal 9 Maret 1900 lalu Ia meninggal pada tahun 1973 di St. Louis, Misouri Amerika di usia 73 tahun. Universitas Wisconsin adalah campus yang menjadikannya Ia menjadi seorang doctor ditahun 1939 dan Ia juga pernah menjadi artileri (pasukan meriam) Angkatan Laut Amerika selepas dia kuliah. 
Pada tahun 1944 Ia menemukan computer dan mempekerjakannya 3 orang insinyur lainnya (Durfee, Hamilton dan Lake) ditahun 1939 dan computer tersebut digunakan oleh AL Amerika untuk membuat perhitungan yang sangat teliti dan cepat. 
Adapun spec dari computer tersebut ialah : Tinggi 2,4 meter, Panjang 15,3 meter, berat 35 ton dengan berisi kabel sepanjang 800 km dengan sambungan sebanyak 3 juta buah, adapun cara kerja computer dimana perintah dan pertanyaannya disampaikan dengan menggunakan pita kertas yang berlubang-lubang (lubang-lubang tersebut sebagai kode pertanyaan) lalu computer menjawab dengan pita kertas berlubang juga atau langsung dengan kertas yang telah diketik dengan mesin ketik listrik. 
Ia kemudian membuat Mark II pada tiga tahun kemudian tepatnya tahun 1947 sehingga Ia mendapat penghormatan dari berbagai Negara (Belgia, Belanda, Jerman dan Prancis).
- ANDRE MARIE AMPERE (1775 – 1836)  
ANDRE MARIE AMPERE lahir didekat Lyous, Prancis, Ia adalah anak saudagar sutera kaya raya, yang memberikan pendidikan dasarnya adalah ayahnya sendiri dan Ia menunjukan bakat yang cemerlang dibidang Matematika dan diusia belasan tahun Ia sudah membaca karya-karya para ahli Matematika terkenal. 
Ia jatuh miskin ketika kekayaannya disita dalam perlawanan terhadap kekuasaan Raja perancis dimana ayahnya harus dihukum mati pada tahun 1793 sedangkan Ia terpaksa menjadi guru pribadi untuk mencari nafkah. 
Di tahun 1799 Ia menikah dan menjadi guru besar ilmu fisika di Bourg dari tahun 1801 – 1803. Disaat Ia menjadi guru besar Ia menerbitkan risalah kecil tapi cukup menyakinkan tentang statistic permainan adu nasib. Sekembalinya Ia ke Lyous lalu istrinya meninggal dan Ia menjadi guru besar Matematika di Sekolah Tinggi Politeknik di Paris sampai akhir hidupnya. 
Di tahun 1809 Ia menjadi Profesor dan pada tahun 1814 Ia terpilih menjadi anggota Akademi Perancis, Ia selalu hangat dan bersahabat meski terpukul dengan meninggalnya ayah dan istrinya.
- SIR RICHARD ARKWRIGHT (1732 – 1792)  
SIR RICHARD ARKWRIGHT ditahun 1769 menemukan mesin pintal sehingga Ia dijuluki bapak system pabrik, pengusaha industri tekstil, perwira tinggi polisi, Ia lahir di Presston, Lancashire, Inggris pada tanggal 23 Desember 1732 sedangkan pada tanggal 3 Agustus 1792 Ia meninggal di Comford, Derbyshire, Inggris. 
Arkwright adalah seorang anak yang tidak tamat SD, dimana Ia adalah anak terakhir. Ia juga pernah menjadi tukang pangkas rambut diusia 10 tahun lalu setelahnya jadi tukang pangkas rambut dia bekerja sambil belajar pada tukang membuat wig (rambut tiruan). Ia menjadi tukang membuat wig dan mengembara keseluruh Inggris untuk menjual wig tersebut. 
Pateience Holt adalah istri yang ditikahi olehnya diusia 20 tahun tepatnya pada tanggal 19 Desember 1755 dan kemudian dari pernikahannya dia mempunyai anak laki-laki yang diberi nama Richard akan tetapi ibu dari Richard tersebut setahun kemudian meninggal. Setelah enam tahun sendiri Ia lalu menikahi Margarets Biggius dan dikaruniai anak perempuan. Ia memndapatkan warisan dari ayahnya dengan hartanya tersebut ia mendirikan took wig. 
Akan tetapi tokonya tersebut tidak pernah banyak untung dan Ia beralih dengan membuat alat pintal benang ditahun 1769, sebelumnya Ia memiliki alat pemintal benang buatan Hargreaves, namun  karena alat yang dibuatnya kurang kuat maka setelah bekerja keras selama 5 tahun tepatnya pada tahun 1769 Ia berhasil membuat alat pintal yang bagus sehingga benang yang dihasilkannya lebih tinggi mutunya dari buatan Hargreaves.
Nah sobat ini dulu yang saya postingkan, jangan sampai ketinggalan penemu-penemu yang lainnya.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Ditunggu partisipasinya

Headline Editorial