Terimakasih telah berkunjung ke Blog desa Sukamulya, Informasi seputar Desa

Minggu, 25 April 2010

XL Axiata bangun BTS di Gunung Halimun

Untuk Blog Sukamulya

Sumber :bisnis

PT XL Axiata Tbk membangun fasilitas jaringan telekomunikasi di sekiter lereng Gunung Halimun, perbatasan Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Lebak Banten, Jawa Barat.

Direktur Network PT XL Axiata Dian Siswarini mengatakan menara base transceiver station (BTS) yang dibangun di desa adat Kasepuhan Ciptagelar tidak jauh dari Taman Nasional (TN) Gunung Halimun itu diharapkan dapat memenuhi kebutuhan telekomunikasi masyarakat setempat.

Menara BTS tersebut, tutur Dian, merupakan BTS XL ke-20.000 (2G/3G)yang juga akan mendukung penyediaan akses Internet, untuk berbagai keperluan termasuk konservasi lingkungan dan adat setempat.

Dengan masuknya jaringan XL ini, warga desa Ciptagelar dan warga di kampung-kampung sekitarnya akan bisa memanfaatkan teknologi komunikasi seluler guna menunjang aktivitas perekonomian dan pariwisata. BTS XL itu terletak di puncak sebuah bukit tidak jauh dari perkampungan Ciptagelar ini akan mampu melayani hingga sekitar 1.200 pelanggan dalam radius 3 km.

Kasepuhan Ciptagelar merupakan desa adat yang hingga kini berhasil mempertahankan adat istiadatnya, meski tidak menutup diri dari peradaban dan kemajuan teknologi. Kasepuhan ini sendiri meliputi wilayah yang secara geografis dan administratif masuk baik Kabupaten Sukabumi maupun Kabupaten Lebak.

Bersamaan dengan pembangunan infrastruktur jaringan tersebut, XL juga menyerahkan donasi pendidikan berupa komputer dan koneksi Internet bagi sekolah adat yang dikelola secara swadaya oleh warga Ciptagelar.

Sekolah ini memiliki kurikulum pendidikan yang disesuaikan dengan kebutuhan adat. Sekolah ini mengajarkan berbagai hal yang disesuaikan dengan norma dan nilai adat setempat. Donasi ini merupakan bagian dari Program XL Komputer untuk Sekolah (KuS).
Mengingat medan yang cukup berat untuk mencapai Ciptagelar dan tidak memungkinkan hanya menggunakan kendaraan biasa, rangkaian kegiatan XL kali ini didukung pula oleh komunitas penggemar offroad. Bersama komunitas ini, XL juga mendonasikan 1.000 bibit pohon Suren dan Manglid untuk ditanam di sekitar BTS.

Layanan XL hadir di Sukabumi sejak 2001. Didukung dengan 115 BTS, XL melayani sekitar 400.000 pelanggan di 380 desa, 52 kecamatan di seluruh Sukabumi. Sementara itu, dengan berdirinya BTS baru ini yang secara geografis berlokasi di wilayah Lebak, kini layanan XL di kabupaten ini menjangkau sekitar 130.000 pelanggan di 345 desa dan 27 kecamatan

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Ditunggu partisipasinya

Headline Editorial