Terimakasih telah berkunjung ke Blog desa Sukamulya, Informasi seputar Desa

Sabtu, 05 Februari 2011

6 April Hari Nelayan

Palabuan ratu tidak terlepas dengan nelayan, tepat pada tanggal 6 april nanti para nelayan akan disibukan kembali dengan berbagai kegiatan-kegiatan.
Ketika malam ini kami jalan-jalan ke situs pikiran rakyat dimana sumber menulis seputar hari nelayan.
Penyelenggaraan acara Hari Nelayan Kab. Sukabumi ke-51 yang akan dilaksanakan di Palabuhanratu 6 April nanti, akan diisi dengan berbagai kegiatan. Selain diisi dengan agenda kegiatan rutin, seperti upacara adat, bakti sosial dan istigosah, juga akan dimanfaatkan dengan kegiatan pelayanan guna membantu kepentingan nelayan.
Hal itu, di antaranya dengan pembuatan akta kelahiran gratis untuk anak-anak nelayan, pembuatan KTP gratis serta penerbitan Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP) untuk nelayan. “Melalui Hari Nelayan ini, menjadi momen penting untuk membantu kepentingan dan kebutuhan nelayan. Kita akan menyelenggarakan kegiatan pembuatan akta kelahiran dan KTP gratis, termasuk penerbitan SIUP untuk para nelayan. Jadi Hari Nelayan ini tak hanya diisi dengan kemeriahan saja, sekaligus juga memberikan manfaat bagi kehidupan nelayan,” kata Sekretaris Panitia Hari Nelayan ke-51 Kab. Sukabumi, Nandang Heryadie ketika ditemui di kantor sekretariat panitia di gedung Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Palabuhanratu, Jumat (4/2).
Menurut dia, pembuatan akta kelahiran dan KTP gratis serta SIUP untuk nelayan itu, akan dilaksanakan melalui kerjasama dengan sejumlah instansi terkait. Hal itu, seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disduk Capil) Kab. Sukabumi, Syahbandar Palabuhanratu, Pelabuhan Perikanan Nusantara Palabuhanratu (PPNP) dan Dishub Kominfo Kab. Sukabumi.
“Dengan kegiatan ini, secara tidak langsung kita ikut membantu program pemerintah dalam kepemilikan kartu identitas masyarakat. Oleh karena itu, sudah seyogianya pemerintah pun harus meresponnya dengan memberikan kemudahan kepada nelayan. Jadi nelayan tak perlu jauh-jauh datang ke kantor-kantor instansi untuk membuat KTP, akta kelahiran dan SIUP tersebut. Akan tetapi, cukup datang ke gedung TPI, mereka sudah bisa mendapatkannya dengan mudah dan dekat,” ucap Nandang.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Ditunggu partisipasinya

Headline Editorial