Terimakasih telah berkunjung ke Blog desa Sukamulya, Informasi seputar Desa

Sabtu, 27 Juli 2013

Masjidil Haram Mekah Almukarromah

Pengurus dua masjid suci menyediakan 12.000 kursi roda biasa dan 110 kursi roda listrik secara gratis untuk membantu pergerakan jamaah di dalam Masjidil Haram. Kursi-kursi roda biasa disediakan di kantor-kantor yang terletak di Lapangan Timur dan Ajyad. Sementara kursi roda bertenaga listrik disediakan di kantor Al-Safa di lantai pertama. Di tempat itu juga ada 521 kursi roda lain yang bisa digunakan secara sewa, lapor kantor berita Arab Saudi SPA (27/7/203).
“Sejumlah sukrelawan siap untuk mendorong kursi-kursi roda itu sepanjang waktu,” kata Muslih al-Mahmadi, direktur di lembaga pengurus Masjidil Haram untuk urusan kursi roda.
Kursi roda dapat dipergunakan jamaah di dalam masjid melalui 10 pintu seperti Raja Abdulaziz, Ajyad Baru, Hunain, Al-Safa, Eskalator Arqam, Eskalator Al-Marwah serta gerbang Al-Marwah.
Jembatan Mataf yang mulai diujicobakan hari Sabtu ini, bisa dilewati oleh para jamaah pengguna kursi roda melalui jembatan Ajyad dan keluar di jembatan Qushaha Baru di sisi pintu Al-Marwah.
Petugas keamanan di Masjidil Haram akan mengatur lalu-lalang jamaah pengguna kursi roda.
Pengelola Masjidil Haram bersama dengan aparat keamanan berupaya membekuk usaha penyewaan dan pendorong kursi roda yang menetapkan tarif selanggit kepada para jamaah, khususnya di jam-jam ramai.
Muslih al-Mahmadi meminta jamaah pengguna kursi roda agar tetap berada di jalurnya saat melakukan thawaf di mataf guna menjaga kelancaran gerakan jamaah mengelilingi Ka'bah.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Ditunggu partisipasinya

Headline Editorial