Follow Us

Senin, 08 April 2013

Caringin Tidak Masuk Daerah Endemis (DBD)

Dari catatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi, sebelas kecamatan di Kabupaten Sukabumi masih ditetapkan sebagai daerah endemis penyakit demam berdarah dengue (DBD). Sebelas daerah tersebut masih dinyatakan endemis DBD lantaran kasus DBD nya masih cukup tinggi dibandingkan kecamatan lainnya. Kecamatan endemis DBD itu antara lain Kecamatan Cisaat, Cibadak, Sukaraja, Sukalarang, Gunungguruh, Cicurug, Parungkuda, Kebonpedes, dan Cireunghas.

“Wilayah endemis DBD mayoritas terdapat di daerah utara Sukabumi yang padat penduduk,’’ujar Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi, Harun Alrasyid, belum lama ini.
Selain faktor penduduknya banyak lanjut Harus, sanitasi lingkungan di daerah tersebut masih kurang baik. Dampaknya, penyebaran penyakit DBD masih banyak di kawasan itu.
Menurut Harun, pihaknya mencatat, sepanjang Januari hingga Maret 2013 lalu jumlah penderita DBD mencapai sebanyak 126 orang. Rinciannya, pada Januari sebanyak 76 orang, Februari sebanyak 41 orang dan sebanyak sembilan orang pada Maret. Khusus pada Maret data masih sementara karena laporan dari 47 kecamatan belum masuk semua.
Sementara jumlah warga yang meninggal karena DBD pada awal 2013 ini hanya satu orang yang merupakan warga Kecamatan Palabuhanratu. Maka kata Harun, jumlah warga yang terkena penyakit DBD setiap tahunnya cukup tinggi. Pada 2012 lalu saja ada sebanyak 1.219 orang warga yang terkena penyakit DBD. Sebanyak 986 orang penderita di antaranya merupakan warga yang tinggal di daerah endemis.

Sumber radarsukabumi

0 comments:

Posting Komentar

Ditunggu partisipasinya