Terimakasih telah berkunjung ke Blog desa Sukamulya, Informasi seputar Desa

Rabu, 15 Agustus 2012

Terminal BUS Sukabumi di Padati Penumpang


Ribuan pemudik, baik yang dari dalam maupun luar kota, terus memadati terminal bus Sukabumi, dan hari ini mencapai sekira 1.500 orang.
“Penumpang atau pemudik sudah mulai berdatang ke terminal bus, namun belum ada peningkatan yang signifikan,” ujar Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Terminal Kota Sukabumi kelas IA, Yusuf Chaery


Menurut Yusuf, puncak peningkatan jumlah penumpang yang menggunakan jasa angkutan umum bus akan terjadi pada H-3 sampai H-1 Lebaran, diperkirakan pada hari tersebut jumlah penumpang bisa mencapai 4.500 orang.
Mayoritas tujuan pemudik dari Sukabumi, menurut dia, ke wilayah barat dengan jurusan angkutan kota dalam provinsi (AKDP) seperti Bandung, Sumedang, Cirebong, Tasikmalaya, Pangandaran dan lain-lain.
“Untuk yang datang ke terminal Sukabumi mayoritas dari Jakarta,” ujarnya.
Selain itu, dikatakannya, jumlah warga yang mudik dengan bus akan bertambah sekitar lima persen dari tahun lalu, atau  tahun ini jumlah penumpang diperkirakan bisa mencapai 57.000 orang.
Namun demikian, ia mengemukakan, terlihat pula kecenderungan penurunan jumlah pemudik melalui terminal Sukabumi.
“Penurunan ini karena semakin banyaknya angkutan umum darat ditambah dengan adanya sarana angkutan kereta api, dan banyak pemudik yang memilih menggunakan kendaraan pribadi, khususnya roda dua,” kata Yusuf.
Pelaksana Tata Usaha UPT Terminal Kota Sukabumi kelas IA, Jumyati, mengatakan bahwa untuk persiapan pihaknya telah menyiapkan 478 armada bus dengan cadangan sebanyak 35 armada. Selain itu, armada yang disiapkan untuk mengangkut penumpang seluruhnya laik operasi.
“Namun, kami juga tetap melakukan pemeriksaan terhadap kelaikan setiap armada bus, dan mengimbau kepada penumpang agar tidak membawa barang di luar kemampuan dan jangan menggunakan perhiasan yang terlalu mencolok serta tidak menerima makanan dan minuman dari orang yang tidak dikenal,” katanya.
Pihaknya juga berkoordinasi dengan tim petugas keamanan gabungan, dari TNI, Polri, Dishub Kota Sukabumi, organisasi masyarakat dan anggota Pramuka. Keamanan pun terus diperketat untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada setiap pemudik.

Sumber bisnis jabar

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Ditunggu partisipasinya

Headline Editorial