Terimakasih telah berkunjung ke Blog desa Sukamulya, Informasi seputar Desa

Senin, 20 Agustus 2012

Penyakit Pasca Lebaran

Dokter jaga Unit Gawat Darurat (UGD) Rumah Sakit Haji Darjad Samarinda Kalimantan Timur, memperkirakan ada lonjakan pasien yang berobat terkena hipertensi dan sakit gangguan pada pencernaan pasca Lebaran. 
Dr Anton Komala mengatakan lonjakan pasien itu terjadi setiap tahunnya akibat pola makan yang salah dan kondisi tubuh pasien tak bisa menerima perubahan mendadak ketika puasa sebulan tiba-tiba mengonsumsi makanan secara berlebihan.
Bagi penderita hipertensi sebaiknya menghindari makan-makanan berminyak, santan dan berlemak tinggi. 

“Penyakit darah tinggi dan gangguan pencernaan lebih banyak diderita pasien yang masuk ke UGD rumah sakit Haji Darjad. Sakit yang diderita karena pola makan yang salah. Dan tubuh yang tak bisa menerima perubahan cepat. Awalnya saum selama sebulan menjadi makan setiap hari secara berlebihan,” kata dr Anton, 

Dr Anton menjelaskan untuk antisipasi pasien gawat darurat, Rumah Sakit Haji Darjad menyiagakan dua tenaga dokter setiap shift pada pagi, sore dan malam hari selama musim lebaran. Penanganan pasien UGD membutuhkan penanganan bedah seperti kasus kecelakaan, maka dokter UGD koordinasi dengan dokter spesialis bedah. Namun, pasien yang perlu rawat inap maka dirujuk untuk rawat inap sesuai hasil periksa oleh dokter. 

Sementara itu, pada malam hari menjelang Lebaran Idul Fitri 1433 H ini, manajemen Rumah Sakit Haji Darjad membagikan bingkisan kue kepada setiap pasiennya. Bingkisan diberikan kepada pasien yang kebetulan tak bisa merayakan lebaran di rumah. 

Public Relation Rumah Sakit Haji Darjad, Winne menjelaskan pemberian bingkisan pada malam Lebaran kepada setiap pasien sudah menjadi tradisi setiap tahunnya. Hal ini, agar pasien yang mendapat layanan rumah sakit yang terbaik mendorong mereka cepat sembuh. 

“Rumah sakit Haji Darjad terus berupaya memberikan layanan kesehatan terbaik kepada masyarakat. Salah satunya memberi bingkisan kepada pasien. Agar, suasana berada rawat inap di rumah sakit seperti di rumah sendiri tak mengurangi perayaan malam lebaran,” kata winne.

Sumber 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Ditunggu partisipasinya

Headline Editorial