Terimakasih telah berkunjung ke Blog desa Sukamulya, Informasi seputar Desa

Senin, 06 Agustus 2012

3 Kandidiat Kuat

Dari Pantura Jabar, ada 3 kandidat kuat yang diprediksi bakal meramaikan bursa pilgub. Ketiga kandidat itu, adalah Dedi Supardi (Bupati Cirebon), Aang Hamid Suganda (Bupati Kuningan) dan Irianto MS Syafiuddin (mantan Bupati Indramayu) atau yang akrab dipanggil Yance. Ketiganya akan memperebutkan suara Pantura Jabar yang meliputi Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning).
Syaefudin Mansyur, pengamat politik asal Cirebon menilai ketiga tokoh asal pantura tersebut sama-sama mempunyai peluang yang besar untuk masuk dalam bursa Pilgub Jabar 2013. Namun untuk menjadi gubernur, peluangnya kecil. Kemungkinan besar mereka hanya dicalonkan sebagai wagub.
"Kalau dilihat dari peluang, baik Dedi, Aang, maupun Yance kemungkinan besar dicalonkan untuk posisi Wagub," ujar Syaefudin. Selasa (22/11/2011).
Syaefudin mengakui, ketiga tokoh yang menjabat kepala daerah selama dua periode tersebut masing-masing memiliki karir politik yang cukup bagus. Dedi dan Aang yang sama-sama masih menjabat berasal dari PDIP sedangkan Yance dari Partai Golkar.
Dari ketiga kandidat tersebut, Syaefudin menilai ketiganya sama-sama berpeluang meraih kursi wakil gubernur. Salah satu faktor yang menentukan kemenangan dalam pemilihan tersebut adalah dengan siapa mereka akan dipasangkan.
Syaefudin mengatakan, di antara ketiga kandidat dari Pantura tersebut, peluang Yance menjadi wagub besar, apalagi jika disandingkan dengan kandidat calon gubernur lain yang memiliki kekuatan politik. Contohnya disandingkan dengan Ahmad Heryawan, kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang saat ini menjabat Gubernur Jabar.
Syaefudin menilai, baik Golkar maupun PKS merupakan dua partai yang saat ini sudah solid dan mesin politiknya sudah siap digunakan karena struktur di dalam partainya sudah sangat terorganisasi. Apalagi, kata Syaefudin jika yang diusung PKS merupakan incumbent.
Pasangan yang diprediksi menjadi pesaing yang ketat adalah Duet Dede Yusuf dengan Dedi Supardi atau Aang Hamid Suganda. "Jika Demokrat jadi mengusung Dede Yusuf dan dipasangkan dengan Dedi atau Aang bisa jadi kekuatan yang seimbang," kata Syaefudin.
Namun, di antara ketiga figur yang akan maju dalam bursa Pilgub Jabar tersebut, kata Syaefudin, Yance merupakan figur yang paling diperhitungkan dalam percaturan politik di tingkat Jabar. Apalagi kini Yance memegang posisi strategis sebagai Ketua DPD Partai Golkar Jabar.

Sumber pilkadajawabarat

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Ditunggu partisipasinya

Headline Editorial